HIMA MSP MENGABDI UNTUK NEGERI 6.0

Hima MSP Mengabdi untuk Negeri adalah salah satu program baru yang dibuat oleh HIMA MSP, dengan adanya kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat menjadi bukti nyata mahasiswa dalam menjalankan tri-dharma perguruan tinggi serta dengan kegiatan pengabdian ini juga Hima MSP dapat menjadi himpunan yang bermanfaat selain untuk mahasiswanya juga menjadi manfaat untuk masyarakat-masyarakat di desa tempat pengabdian dilaksanakan. Salah satu kegiatan yang dilakukan di Desa Belangian adalah Workshop Budidaya Ikan dalam Ember (BUDIKDAMBER) kepada masyarakat di Desa Belangian, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

BUDIKDAMBER merupakan teknik yang menggabungkan sistem budidaya tanaman sayuran dan budidaya ikan dalam satu tempat, dengan pembuatan dan perawatan yang tergolong mudah serta hasil yang menguntungkan karena tidak memerlukan tempat yang luas untuk pembudiayaan dan tidak memerlukan listrik dalam prosesnya sehingga bisa lebih hemat dari teknik budidaya lainnya.

Kegiatan workshop ini menjelaskan tentang cara pembuatan, perawatan dan masa panen BUDIKDAMBER, pemateri juga memberikan contoh langsung proses pembuatan BUDIKDAMBER dan menjadikan ikan lele sebagai contoh ikan yang akan dibudidayakan, mengingat bahwa ikan lele termasuk ikan konsumsi dengan daya tahan yang tinggi juga pertumbuhannya yang relatif cepat. Bibit ikan lele yang didapat dari bantuan BPBAT Mandiangin (Balai Perikanan Budidaya Air Tawar) akan dibagikan kepada masyarakat yang telah datang. Workshop tentang BUDIKDAMBER ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam memperkuat ketahanan pangan keluarga serta memberikan solusi baru untuk masyarakat di Desa Belangian

Kegiatan lainnya yaitu Rumah Belajar, seperti nama kegiatannya kami memberikan pengajaran dengan tujuan menambah pengetahuan bagi anak-anak. Rumah Belajar kali ini adalah memberikan pemahaman terhadap anak-anak di SD Negeri Belangian terhadap pentingnya gaya hidup bersih dengan memberikan sosialisasi dan praktik cara mencuci tangan dan gosok gigi yang benar sehingga mereka dapat memahami dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

adapun kegiatan lainnya adalah ramah tamah dengan masyarakat sekitar dengan membantu dalam persiapan acara 17 Agustus, menonton film bersama dengan memutar film tentang kemerdekaan yang berjudul “Merah Putih” dan bersih-bersih mesjid.

Workshop BUDIKDAMBER
Menonton Bersama Film “Merah Putih”
Membantu dalam Persiapan 17 Agustus-an
Bersih – Bersih Mesjid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *