image001

Kegiatan Mahasiswa Rehabilitasi Nasional (KEMAREHABNAS) merupakan suatu kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Sumberdaya Perairan Indonesia (HIMASUPERINDO). Tahun ini Himpunan Mahasiswa Sumberdaya Perairan (MSP)  Universitas Lambung Mangkurat mengirim 4  orang mahasiswa sebagai delegasi untuk mengikuti kegiatan KEMAREHABNAS yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Manajemen Sumberdaya Perairan (HIMASPER) di Institut Pertanian Bogor. KEMAREHABNAS dilaksanakan  pada tanggal 21-24 September 2017 bertempat di Bogor dan Pulau Pari, Kepulauan Seribu. KEMAREHABNAS  diisi dengan berbagai kegiatan seperti Seminar Nasional, Final Presentasi Lomba Karya Tulis Nasional, Fieldtrip, dan kegiatan Penanaman Lamun.

1507073693871

Himpunan Mahasiswa Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP) dari Universitas Lambung Mangkurat yang mengikuti kegiatan KEMAREHABNAS  di Institut Pertanian Bogor.  (Den Chandra Supriyadi, Muhammad Rizaldy Fahmi, Noveyandi Rivaldy dan Purwanto)

image003

Seminar Nasional yang disampaikan oleh Drs. Wawan Kiswara yang merupakan peneliti dan spesialis yayasan lamun dari Yayasan Lamun Indonesia (LAMINA). Pada seminar ini beliau menyampaikan terkait biologi dan ekologi Lamun serta tata cara pengelolaannya. Pembicara kedua adalah Dr. Ir. Fredinan Yulianda M.Sc yang merupakan Dosen Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan FPIK, IPB.

image005

Kegiatan KEMAREHABNAS tahun ini mengangkat tema “Green Belt Conservation of Seagrass: Gema Konservasi Lamun dalam Upaya Memperbaiki Kesejahteraan Lingkungan Pesisir” yang diikuti beberapa delegasi dari berbagai Perguruan Tinggi yaitu: Universitas Bangka Belitung, Universitas Samawa, Universitas Riau, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Tanjung Pura, Universitas Mulawarman, Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Universitas Antakusuma, Universitas Gajah Mada, Universitas Khairun, Universitas Diponegoro, Universitas Brawijaya, Universitas Hasanuddin, Universitas Maritim Raja Ali Haji dan Institut Pertanian Bogor.

image007

image009

Kegiatan KEMAREHABNAS 2017 merupakan wujud nyata bagi generasi muda khususnya mahasiswa Indonesia agar turut serta mewujudkan pengembangan lingkungan hidup di pesisir Indonesia serta memberikan kontribusi nyata bagi tercapainya kesejahteraan dan peningkatan taraf hidup masyarakat pesisir.